Resep Cara Membuat Bolu Kukus Coklat

Resep Bolu Kukus 

Resep Bolu Kukus - kali ini kita akan membuat bolu kukus yang menggunakan bahan dasar berupa tepung terigu yang di padukan dengan gula merah dan juga bahan pelengkap lainnya. Dengan menggunakan gula merah akan menghasilkan bolu kukus yang beraroma lebih wangi. Dalam membuat bolu kukus ini memang gampang-gampang susah, karena jika ada kesalahan sedikitpun bolu tidak akan menjadi mekar dengan sempurna. 

Bolu kukus bisa dijadikan snack atau kudapan yang cukup favorit saat dirumah kedatangan tamu. Dengan rasanya yang manis dan empuk juga ukurannya yang kecil menjadikan bolu kukus sangat cocok untuk dimakan sekali makan sehingga para tamu tidak perlu takut kehabisan. Bahan-bahan pembuatan bolu kukus tidaklah terlalu sulit dapat menggunakan peralatan-peralatan rumah tangga yang hampir ada semuanya di dapur. 

Dalam proses pembuatan bolu kukus harus benar-benar teliti baik dalam pemilihan bahan, takaran bahan dan mengolahnya. Tetapi kalian tidak perlu khawatir, karena kami akan bagikan langkah-langkah dalam pembuatannya dan anda dapat mencobanya di rumah bersama keluarga anda. Baiklah berikut adalah proses cara membuat bolu kukus gula merah yang mekar.

resep cara membuat bolu kukus coklat

Resep cara membuat bolu kukus coklat yang mekar

Bahan-bahan yang dibutuhkan: 
  • 200 gram gula pasir 
  • 1/2 sendok teh esens vanili 
  • pewarna makanan (warnanya sesuai selera saja) 
  • 1/2 sendok teh baking powder 
  • 2 sendok teh emulsifier 
  • 225 mili liter soda tawar 
  • 2 butir telur 
  • 275 gram tepung terigu protein sedang 

Cara membuat bolu kukus mekar dan lembut: 
  1. Pertama-tama kocok telur, gula pasir, dan emulsifier hingga terasa kaku, sekitar kurang lebih 8 menit. Kemudian tambahkan tepung terigu serta baking powder sambil diayak bergantian. 
  2. Kemudian tambahkan soda tawar sambil dikocok secara perlahan. Lalu tambahkan juga esens vanili dan aduk hingga merata. 
  3. Bagi tiga adonan tersebut, untuk dua adonan kasih pewarna berbeda dan bagian yang satu adonan lagi biarkan tanpa pewarna makanan. 
  4. Kemudian siapkan cetakan bolu kukus yang sudah di beri alas kertas cup, lalu masukkan adonan yang dimulai dengan adonan tanpa warna terlebih dahulu. 
  5. Kemudian setelah itu masukkan adonan yang sudah diberi pewarna makanan dengan cara diselang selingi supaya warna bolunya terlihat cantik. 
  6. Apabila telah melakukan seperti itu sampai adonannya semuanya habis, kemudian tinggal mengukusnya kurang lebih 10 menit atau hingga benar-benar matang. 

Agar adonan mengembang dengan sempurna dan tidak bantat pastikan jika kalian mengocok telur dan gula dalam kecepatan tinggi. Agar tidak mengganggu proses pengembangan bolu kukus, anda tidak perlu sering membuka tutup panci kukusan. Cukup kalian tunggu sampai 10 menit kemudian kalian bisa langsung mengangkat bolu tersebut yang sudah matang dan masukkan adonan yang baru. Demikian resep cara membuat bolu kukus coklat. Semoga berhasil. Mungkin anda juga ingin membuat resep kue kering yang enak, ikuti artikel resep masakan lainnya di blog ini.

Subscribe to receive free email updates: