Resep Cara Membuat Donat Kentang Yang Empuk

Resep Donat Kentang

Resep cara membuat donat kentang. Donat kentang merupakan donat yang terbuat dari bahan dasar kentang. Biasanya kentang dibuat untuk perkedel atau sop atau juga sebagai sayur teman nasi kita, tetapi kali ini kentang dijadikan sebagai donat yang enak dan empuk. Donat kentang biasanya di beri toping kacang, keju, coklat dan juga selai berbagai rasa. Tetapi meskipun tidak diberi toping rasanya tetap nikmat meskipun hanya ditambah gula bubuk saja. 

Donat merupakan makanan yang lezat dan enak. Donat kentang bisa dijadikan teman bersantai sambil menikmati teh manis yang hangat ataupun sambil minum kopi. Anda juga bisa menyajikan dan membuat sendiri di rumah dan bisa disajikan untuk para tamu anda ataupun jika ada acara besar di rumah seperti arisan dll. 

Di toko-toko jajanan pasar, donat kentang juga banyak di jual. Bagi kalian yang mau mencoba membuat sendiri donat kentang di rumah, berikut ini akan kami sajikan cara pembuatannya langkah demi langkah. Mulai dari bahan-bahan yang diperlukan sampai dengan cara pembuatannya yang akan di bahas di blog ini. Berikut ini bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat donat kentang yang empuk dan enak. 

resep cara membuat donat kentang

Resep cara membuat donat kentang

Bahan-bahan untuk membuatnya
  • Tepung terigu cakra kembar (500 gram) 
  • Ragi instan (11 gram/1 sachet) 
  • Susu bubuk full krim (50 gram) 
  • Gula pasir (100 gram) 
  • Kentang kukus (200 gram, haluskan) 
  • Kuning telur (4 butir) 
  • Air dingin (100 ml) 
  • Garam halus (setengah sdt) 
  • Mentega (75 gram) 

Langkah-langkah cara membuatnya
  1. Campurkanlah tepung terigu, gula, ragi instan, susu bubuk, aduklah hingga rata. 
  2. Lalu, masukkan kuning telur, kentang kukus, dan juga air dingin secara perlahan, kemudian aduk kembali bahan-bahan tersebut sampai merata. 
  3. Kemudian setelah itu, tambahkan mentega dan garam. Aduk adonan hingga elastis dan diamkan selama 15 menit. 
  4. Setelah itu, bentuk adonan dengan cara di bulat-bulatkan. Kemudian diamkan adonan yang sudah di bulatkan kurang lebih selama 20 menit atau sampai adonan mengembang. 
  5. Kemudian panaskan minyak goreng dengan api kecil. Lalu ambil adonan donat yang sudah di bentuk, kemudian lubangi bagian tengahnya dan goreng di dalam minyak mendidih sampai warnanya berubah kuning keemasan. 
  6. Dan yang terakhir, setelah donat diangkat dan ditiriskan, kemudian hiasi donat dengan aneka toping sesuai selera anda. Caranya tempelkanbagian atas donat pada lelehan coklat pada mangkok kemudian taburi meises aneka warna, bubuk coklat dll. 

Demikianlah resep donat kentang yang lezat dan empuk dan cara pembuatannya. Semoga anda bisa membuatnya dengan baik. Sajikan dengan kreasi anda yang menarik sehingga orang yang melihat akan tertarik memakannya. Bagi kalian yang menyukai resep masakan lainnya silahkan praktekan resep puding coklat dari artikel blog kami lainnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: